Who's Online
Ada 31 tamu sedang online


Our Partners
MGC
JTC
Nippon Koei
LAPI ITB
SMEC INTERNATIONAL


Jumlah Pengunjung



Artikel Favorit

 

 











 

 

home mail

Jalur Kereta Api Kalisat-Panarukan Segera Dibuka
Ditulis oleh Administrator   
Senin, 19 Januari 2009
Direktorat Jenderal Perkeretaapian Departemen Perhubungan segera menghidupkan kembali jalur kereta api Kalisat-Panarukan. Jalur bersejarah yang terkenal dengan ‘Gerbong Maut’ ini memiliki panjang jalur sekitar 57 kilometer yang menghubungkan Kabupaten Jember-Kabupaten Bondowoso- Kabupaten Situbondo.

Rencana menghidupkan kembali jalur yang berhenti beroperasi sejak 2004 lalu itu diungkapkan Direktur Jendral Kereta Api, Wendy Aritenang, disela-sela pemantauan jalur kereta api di Stasiun Bangil, Kabupaten Pasuruan, Senin (12/1) siang ini.

Ditanya soal rencana Dirjen KA, Wendy mengatakan, pihaknya sedang berupaya untuk merevitalisasi perkeretaapian. Diantaranya menghidupkan kembali jalur kereta api Kalisat-Panarukan.

Berkaitan dengan hal tersebut, pihaknya selama dua hari mendatang akan melakukan peninjauan serta mengkaji jalur tersebut. Hari ini, kata Wendy pihaknya akan melakukan pemantauan jalur mulai dari Stasiun Bangil hingga Stasiun Banyuwangi. Setelah itu baru memantau ke Panarukan.


Dia menambahkan, ditutupnya jalur Kalisat-Panarukan 2004 lalu dikarenakan sarana dan prasarananya yang jelek. Namun setelah empat tahun ditutup, ada permintaan pemerintah daerah untuk membuka kembali jalur ini.

“Pemerintah daerah setempat meminta Dirjen KA untuk membuka kembali jalur tersebut,” kata Wendy.

Dia tidak menyebutkan berapa alokasi dana yang disiapkan untuk membuka kembali jalur tersebut. “Yang jelas membutuhkan biaya yang besar. Masih kami kaji,” katanya.


Pembukaan jalur ini, kata Wendy, juga dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Sementara itu, Hariyanto, Kepala Hubungan Masyarakat, PJKA Daop 9 Jember menyambut baik rencana pembukaan jalur tersebut. “Pengguna jalur tersebut rata-rata masyarakat kelas ekenomi menengah kebawah,” katanya. DAVID P

Terakhir diperbaharui ( Senin, 19 Januari 2009 )

 
 
  PT. Dardela Yasa Guna - Jakarta - Indonesia © copyright 2006 - 2014