Who's Online
Ada 11 tamu sedang online


Our Partners
MGC
JTC
Nippon Koei
LAPI ITB
SMEC INTERNATIONAL


Jumlah Pengunjung



Artikel Favorit

 

 











 

 

home mail

Pemprov DIY Akan Kembangkan Trem dan Monorail
Ditulis oleh Administrator   
Selasa, 14 Agustus 2007
Manajer PT. Ing-Rail Indonesia, Intrias Herlistiarto mengatakan, Pemerintah Provinsi DIY berencana menggunakan jasa konsultan teknik perkereta apian PT. Ing-Rail Indonesia yang merupakan cabang Ing-Rail BV Netherlands Belanda untuk pengembangan transportasi kereta api, trem dan monorail di kota Yogyakarta.

Dikatakan, saat ini pihaknya sedang menjalin kerjasama dengan Pemerintah Provinsi DIY untuk membicarakan secara detil rencana pengembangan transportasi kereta api, mono rail dan trem di kota Yogyakarta. Ing-Rail akan segera melakukan pembicaraan dengan Dinas Perhubungan dan Bappeda Provinsi DIY.

Demikian dikatakan Intrias Herlistiarto Project Manajer PT Ing.Rail Indonesia kepada wartawan usai bertemu dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Kepatihan, Danurejan, Yogyakarta, Jum’at (13/7) siang kemarin. Sementara untuk merealisasikan rencana tersebut, akan menggunakan dana hibah dan pinjaman lunak dari Belanda. Untuk tahap studi kelayakan sebesar 135 ribu Euro, berupa Block Grant dan tidak perlu di kembalikan. Setelah nanti pembangunan konstruksi dimulai akan ada komposisi antara hibah dan pinjaman lunak, yakni 65 persen pinjaman lunak dan 35 persen hibah.

“Jumlah total untuk konstruksinya sebesar 45 juta Euro per projek per tahun, jika total proyeknya 90 juta Euro maka dibutuhkan waktu 2 tahun,” ujar Intrias. Ketika ditanya kapan waktu realisasinya, Intrias mengaku belum bisa menjelaskan kepastian waktu, pasalnya tahapan-tahapan yang dilalui masih panjang. Saat ini baru tahapan pengenalan dan belum ada kesepakatan kerja sama.

“Tadi dalam perbincangan dengan Gubernur DIY, nampaknya pilihannya antara trem dan monorail. Yogyakarta lalu lintasnya kan sudah sangat padat, sehingga jika dikembangkan kereta api terlalu membahayakan dan rawan terjadi kecelakaan” ungkap Intrias.

Sumber : http://www.pemda-diy.go.id/berita/article.php?op=Print&sid=3650


 
 
  PT. Dardela Yasa Guna - Jakarta - Indonesia © copyright 2006 - 2014