Who's Online
Ada 13 tamu sedang online


Our Partners
MGC
JTC
Nippon Koei
LAPI ITB
SMEC INTERNATIONAL


Jumlah Pengunjung



Artikel Favorit

 

 











 

 

home mail

Pengolahan Data Asset Pemda melalui Teknologi Informasi
Ditulis oleh Administrator   
Rabu, 21 Maret 2007
Pada Otonomi Daerah laju pertumbuhan ekonomi daerah merupakan suatu indikator ekonomi makro yang menggambarkan tingkat pertumbuhan ekonomi daerah. Pada berkembangnya pertumbuhan ekonomi tersebut dipengaruhi beberapa faktor, antara lain Sumber Daya Alam (SDA) yang tersedia, Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai manajer, serta ketersediaan infrastruktur sebagai support dalam pengelolahan SDA yang ada. Infrastruktur yang memadai dalam bentuk sistem manajemen sangat diperlukan pada saat ini. Ketersediaan Informasi yang cepat, efektif, efisien serta terpadu merupakan suatu pilihan paling tepat dalam sistem manajemen.

Salah satu bentuk sistem manajemen yang diperlukan pada Pemerintah Daerah sekarang adalah sistem informasi manajemen aset yang berfungsi sebagai sumber informasi manajemen yang akurat, tepat, cepat dan up to date terhadap potensi aset yang ada. Dengan tersedianya sistem informasi ini pengelolaan aset dapat dikelola dengan baik dan pada gilirannya akan mengurangi biaya yang harus dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah.

Permasalahan

Permasalahan dari Sistem Informasi Manajemen Aset Daerah (SIMAS) saat ini sekurang-kurangnya dapat dikategorikan dalam empat hal:

  1. Belum adanya dukungan sumber informasi yang akurat :
    Kurangnya dan belum tertatanya sumber-sumber informasi yang mendukung penyajian informasi daerah.
  2. Belum adanya Sistem Informasi Manajemen Aset :
    Belum tertatanya pengelolaan potensi aset pemerintah daerah yang mengakibatkan biaya yang harus dikeluarkan sangat tinggi, ataupun kalau ada sistem manajemen yang dilakukan menggunakan sistem manual.
  3. Meningkatkan kemampuan daerah dalam merencanakan, melaksanakan dan melakukan evaluasi terhadap aset yang ada.
  4. Meningkatkan mutu sumber daya manusia di daerah sehingga mampu bersaing di era global.
File Dokumen lengkap PDF dan PPT

Terakhir diperbaharui ( Jumat, 23 Maret 2007 )

 
 
  PT. Dardela Yasa Guna - Jakarta - Indonesia © copyright 2006 - 2014