Who's Online
Ada 57 tamu sedang online


Our Partners
MGC
JTC
Nippon Koei
LAPI ITB
SMEC INTERNATIONAL


Jumlah Pengunjung



Artikel Favorit

 

 











 

 

home mail

Proyek Kereta Api Bandara Dibangun 2012
Ditulis oleh Administrator   
Rabu, 09 Maret 2011
Kementerian Perhubungan menyatakan pembangunan fisik jalur kereta api ke Bandara Soekarno-Hatta akan dilakukan pada 2012.
Proyek tersebut merupakan salah satu dari tiga prioritas pemerintah yang siap tender tahun ini. Pembangunannya akan menggunakan skema kerja sama pemerintah dan swasta atau public private partnership (PPP) dengan membutuhkan dana sebesar Rp10 triliun.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Asril Syafei, mengatakan persiapan proyek jalur kereta api bandara akan dimulai tahun ini. Nantinya, PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) yang ditugaskan Kementerian Keuangan untuk membantu Kemenhub menyiapkan proyek tersebut, terutama dalam hal persiapan dan penyiapan dokumen.
"Kami harapkan sesuai jadwal dan tidak molor. Tahun depan harus sudah bisa mulai pembangunan fisiknya," kata Asril di sela International Seminar on Structing PPP Railway Project di Jakarta, Kamis 24 Februari 2011.

Dia menuturkan, tahun ini harus sudah dilakukan pelelangan, sehingga proyek jalur kereta api bandara tersebut dapat segera dimulai dan ditargetkan selesai 2014.
Berdasarkan timetable Kemenhub, semestinya tahun lalu sudah dilakukan pembebasan lahan. Namun, Asril mengakui, karena anggarannya baru disediakan pada 2011, proyek tersebut sedikit molor dari rencana. "Mengenai pembebasan lahan, saat ini sedang dilakukan proses administrasi pendanaan," kata dia.

Asril menjelaskan, dari nilai proyek sebesar Rp10 triliun, pemerintah hanya menyiapkan dana Rp3,2 triliun. Dengan rincian Rp1,5 triliun untuk pembebasan lahan (Angke-Soekarno-Hatta) sekitar 22 kilometer dan Rp1,7 triliun guna pembangunan fisik stasiun Manggarai-Angke.
Sementara itu, sisanya Rp6,8 triliun, menurut dia, berasal dari investor swasta. "Saat ini, swasta akan dikualifikasi lagi, langsung kami lelang dan akan diumumkan besaran anggarannya. Namun, sampai saat ini belum dilakukan proses lelang itu," kata Asril.

Asril menambahkan, pemenang tender nantinya tidak akan sendiri. Namun, akan dilakukan melalui konsorsium, yaitu kerja sama investor asing dan domestik. Sementara itu, operatornya diharapkan dari swasta.
Untuk calon investor, dia menjelaskan, ada tiga konsorsium yang sudah lulus pra kualifikasi, yakni dari Cina (China Harbour Engineering Company), Jepang (Mitsui & Co Ltd), dan dari dalam negeri (PT Railing). "Tahun ini akan dimulai lagi, semoga dapat calon-calon baru lagi," ujar Asril.

Dia mengatakan, jalur kereta api bandara tersebut memiliki dua jalur alternatif. Alternatif pertama, Manggarai-Sudirman-Tanah Abang-Angke-Pluit-Bandara Soekarno-Hatta. Nantinya, Manggarai sebagai stasiun utama.

Alternatif jalur kedua adalah Sudirman-Tanah Abang-Duri-Grogol-Bojong Indah-Kalideres-Tanah Tinggi-Bandara Soekarno Hatta.
Asril menuturkan, alternatif kedua merupakan usulan dari Pemda DKI Jakarta. Nantinya, Dukuh Atas sebagai stasiun utama karena akan menjadi pertemuan dengan MRT, sehingga permintaan dari penumpang diharapkan cukup banyak. (art)

Sumber: http://us.bisnis.vivanews.com/news/read/206333-kereta-api-bandara-dibangun-2012

 
 
  PT. Dardela Yasa Guna - Jakarta - Indonesia © copyright 2006 - 2014