Who's Online
Ada 58 tamu sedang online


Our Partners
MGC
JTC
Nippon Koei
LAPI ITB
SMEC INTERNATIONAL


Jumlah Pengunjung



Artikel Favorit

 

 











 

 

home mail

PTBA Tunjuk Konsultan Untuk Hitung Ulang Proyek Rel Tanjung Enim
Ditulis oleh Administrator   
Selasa, 18 Mei 2010
Jakarta - PT Bukit Asam Trans Railway (BATR), anak usaha PT Tambang Batubara Bukit Asam (PTBA) Tbk,  telah menunjuk konsultan dari Australia untuk melakukan perhitungan ulang  nilai proyek pembangunan rel kereta api di Tanjung Enim, Sumatera Selatan. Hasil kajian dari konsultan tersebut akan selesai dalam waktu dekat.

"Mereka akan mengkaji berapa nilai kewajaran dari proyek itu. Kabarnya dalam waktu dekat final report-nya akan segera selesai," ungkap Direktur Utama PTBA,  Soekrisno, saat dihubungi detikFinance, Minggu (15/3/2010).

Menurut Soekrisno, peninjauan ulang (review) proyek pembangun rel kereta api di Tanjung Enim tersebut dilakukan karena adanya perubahan desain dari proyek tersebut sehingga asumsi nilai proyek  akan mengalami perubahan. Hal itu juga harus dilakukan karena studi kelayakan proyek itu dibuat pada 2006 yang lalu, sementara proyek ini baru akan diimplementasikan pada tahun ini sehingga diperkirakan akan ada kenaikan nilai proyek.

"Karena nilai tukar yuan terhadap rupiah kan berubah, harga baja  juga berubah," ungkapnya.

Meskipun belum mengetahui berapa besar kenaikan nilai proyek tersebut, namun Soekrisno berharap kenaikannya masih dalam batas kewajaran sehingga perseroan tidak perlu mencari sumber pendanaan lain.

Ia menambahkan, saat ini pihaknya juga terus melakukan pembicaraan guna membahas review tersebut dengan kedua partnernya yaitu Transpacific Railway, dan China Railway Engineering. "Kemarin mereka sudah ke sini, jadi nanti tim kita akan ke China untuk kembali bernegosiasi," ungkapnya.

Sebelumnya, perseroan telah membentuk perusahaan patungan bernama PT Bukit Asam Trans Railway hasil joint venture dengan Transpacific Railway, dan China Railway Engineering. Perseroan sudah mendapat dana untuk proyek tersebut dari kerjasama peminjaman sebanyak US$ 1,3 miliar dengan China Exim Bank. Proses pembangunan rel kereta api ini diperkirakan selesai dalam tiga tahun. Dalam waktu 1 tahun, PTBA akan berkonsentrasi menyelesaikan pembebasan lahan dan dilanjutkan proses pembangunan.

Sumber : http://www.detikfinance.com/read/2010/03/14/174430/1317999/4/ptba-tunjuk-konsultan-untuk-hitung-ulang-proyek-rel-tanjung-enim

 
 
  PT. Dardela Yasa Guna - Jakarta - Indonesia © copyright 2006 - 2014