Who's Online
Ada 56 tamu sedang online


Our Partners
MGC
JTC
Nippon Koei
LAPI ITB
SMEC INTERNATIONAL


Jumlah Pengunjung



Artikel Favorit

 

 











 

 

home mail

Danone Angkut Aqua dengan Kereta Api
Ditulis oleh Administrator   
Senin, 15 Maret 2010
Sukabumi, Kompas - Perusahaan multinasional Danone, yang memproduksi air minum kemasan dengan merek Aqua, menyepakati pengangkutan produk mereka dengan kereta dari Sukabumi ke Jakarta. Langkah ini diharapkan mengurangi beban jalan agar tak cepat rusak, juga meminimalisasi kemacetan.

Bagi Danone, pengangkutan dengan kereta merupakan salah satu komitmen menjaga lingkungan dan mengurangi emisi. Di Eropa, sebagian produk Danone juga diangkut kereta. Sementara bagi PT Kereta Api, pengangkutan barang menambah pendapatan untuk pembelian sarana, utamanya kereta penumpang.

Salah satu hambatan pengangkutan dengan kereta adalah usangnya prasarana rel. Rel di jalur Sukabumi-Jakarta masih jenis R33 buatan Belanda. Kapasitas angkut pun terbatas karena tak dapat dilalui lokomotif baru.

”Pengangkutan Aqua dengan kereta harus dimulai semester kedua tahun 2010. Tak usah menunggu seluruh prasarana selesai dibenahi, tapi harus dimulai,” kata Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono, Rabu (10/3) di Sukabumi, Jawa Barat.

Supaya pengangkutan barang optimal, harus diganti sekitar 26 kilometer rel dengan biaya Rp 15-20 miliar per kilometer. Artinya, dibutuhkan Rp 520 miliar untuk mengganti rel-rel itu. Ditambah Rp 10 miliar untuk memperbesar emplasemen.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Tundjung Inderawan menjanjikan penggantian rel pada tahun anggaran 2011. ”Pada tahun ini, tiga jembatan di ruas ini kami perbaiki,” ujarnya.

Beban jalan

Mochammad Bimo, Customer Service and Logistic Director PT Tirta Investama, menyatakan, ingin segera mengirim Aqua dengan kereta. ”Kami yakin dengan kereta lebih efisien sebab per hari ada 400 rit truk dari pabrik kami di Mekarsari, Sukabumi,” katanya. Jumlah 400 truk per hari setara dengan keberangkatan satu truk tiap 4 menit.

Direktur Komersial PT Kereta Api Sulistyo Wimbo Hardjito menyatakan, mampu menyiapkan tak kurang tujuh rangkaian kereta per hari untuk mengangkut Aqua. Tiap rangkaian terdiri dari 20 gerbong barang.

Persoalannya, karena rel KA di lintas Bogor-Sukabumi sangat tua, dilakukan dua kali penarikan gerbong. Pertama, antara Stasiun Cicurug-Batu Tulis dengan lokomotif tipe BB, dari Batu Tulis ke Jakarta dengan lokomotif tipe CC.

Dengan bermunculannya kawasan-kawasan industri berikat di Sukabumi, kata Wakil Menteri Perhubungan, dalam rencana jangka panjang juga akan dipikirkan pendirian terminal khusus kontainer.

”Kita akan lihat permintaannya bagaimana? Apakah benar para pelaku usaha di Sukabumi menginginkan pengangkutan dengan kereta api? Dihitung juga total potensi dari angkutan barang di sini, baru kemudian diputuskan akan dibangun seperti apa,” kata Bambang.

Tak jauh dari pabrik Danone-Aqua sebenarnya ada juga pabrik Kratingdaeng dan Pocari Sweat. Belum lagi beberapa pabrik berikat sehingga ruas Sukabumi-Ciawi sering kali dilanda kemacetan yang luar biasa. (RYO)

http://cetak.kompas.com/read/xml/2010/03/11/0306236/danone.angkut.aqua.dengan.kereta.api

 
 
  PT. Dardela Yasa Guna - Jakarta - Indonesia © copyright 2006 - 2014